INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER

Interaksi Manusia & Komputer

Sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang menggunakan antarmuka (interface).

Antarmuka Manusia & Komputer

Media yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer untuk memberikan suatu perintah kepada komputer.

Faktor Pengaruh Kualitas IMK

  • Antarmuka yang bagus

  • Mudah dioperasikan

  • Mudah dipelajari

  • User selalu merasa senang

Sebuah program aplikasi terdiri dari 2 bagian yaitu :

  1. Bagian Antarmuka/Frontend

    Bagian antarmuka yang berfungsi sebagai sarana dialog antara manusia dengan komputer.

  2.  Bagian Aplikasi/Backend

    Bagian aplikasi yang merupakan bagian yang berfungsi untuk menghasilkan informasi berdasarkan olahan data yang sudah dimasukan oleh pengguna lewat algoritma yang diisyaratkan oleh aplikasi tersebut.

Media Antarmuka

Media antarmuka manusia dan komputer terbagi menjadi 2 yaitu :

  1. Media Tekstual

    bentuk sederhana dialog atau komunikasi     antara manusia dan komputer yang hanya     berisi teks dan kurang menarik. 

    Contoh : 

     

  2. Media GUI

    (Graphical User Interface) adalah bentuk     dialog atau komunikasi antara manusia     dan komputer yang berbentuk grafis dan     sangat atraktif”.

    Contoh : 

     

  Bidang studi

  • Teknik elektronika dan ilmu komputer
  • Perancangan grafis dan tipografi
  • Sosiologi
  • Ergonomik
  • Antropologi
  • Linguistik
  • Psikologi

Piranti Bantu Pengembang Sistem

  • Visual Basic
  • Visual Foxpro
  • Delphi
  • Visual C++

Piranti Bantu Pengembang Sistem

Keuntungan menggunakan piranti bantu adalah:

  1. Antarmuka yang dihasilkan menjadi lebih baik.

  2. Program antarmukanya menjadi mudah ditulis dan lebih ekonomis dalam pemeliharaannya.

Berdasarkan fungsinya piranti bantu terbagi menjadi 2 yaitu:

  1. Piranti Bantu Aplikasi (application software)

    Program yang biasa dipakai oleh user untuk melakukan tugas-tugas tertentu.

  2. Piranti Bantu Sistem        (system software)

    Program yang digunakan untuk mengontrol sumberdaya komputer

Strategi Pengembangan Antarmuka

Beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna komputer.
  • Informasi tentang ragam dialog, struktur, isi tekstual dan grafis, tanggapan waktu, kecepatan tampilan.
  • Penggunaan prototipe yang disusun secara bersama-sama antara calon pengguna dan     perancang sistem.
  • Teknik evaluasi dengan menggunakan uji coba sejumlah kasus, tanya jawab dan kuisioner.

Sumber : STMIK PalComTech

No comments:

Post a Comment

Bekomentarlah yang sopan agar hidup kita disopankan orang. Berbahasa Indonesialah yang baik dan benar

JARINGAN KOMPUTER DASAR

PENGANTAR DAN KONSEP KOMUNIKASI JARINGAN KOMPUTER Sejarah Jaringan komputer Internet => ARPANET => Departemen Pertahanan AS (19...